Akhir- akhir ini ini gue selalu bertanya, Kenapa warnet selalu sepi ? padahal dulu banyak user yang dateng kesini ? pada kemana mereka yaak? apa yang membuat mereka ga balik lagi kesini? Koneksi atau operator ? Apa perhatian dan kualitas pelayanan yang udah dikasih sama pelanggan atau user udah selalu prima ? ? ? Dua bulan ini pertanyaan itu selalu di otak gue.
tapi sebelumnya gw berpendapat sendiri, sebelum kita dapat menghargai orang laen, dalam hal ini adalah pelanggan atau user, kita juga perlu memberikan perhatian dan penghargaan sama diri kita sendiri dulu : sama kemampuan kite, sama pengetahuan kite, sama keterampilan kita, dan pada penampilan kita dan yang terpenting niat. Kalo kita udah bisa menghargai diri sendiri, sebagai pribadi yang istimewa ( ehem ), maka kita akan membangun motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghasilkan yang terbaik bagi orang-orang di sekitar kita, termasuk pelanggan atau user yang kita layani. ( eheem....)
Antusiasme kita yang tinggi akan memancarkan kepribadian yang positif sehingga banyak orang suka bekerja sama dengan kita. Harga diri gak diukur dari apa yang kite milikin dan apa pekerjaan kite. Apa pun bisnis kite, apa pun pekerjaan kita, kalo kite hargain keberadaan kite sebagai bagian penting dalam bisnis tersebut, maka otomatis kite akan berusaha maksimal untuk selalu tampil prima, termasuk juga dalam memberikan pelayanan pada pelanggan atau user di warnet.
Kita juga perlu melakukan hubungan emosional secara positif dengan orang-orang yang berhubungan dengan bisnis kite dan dengan apa pun yang kita kerjakan. Kita gak boleh meremehkan ataupun menganggap mereka rendah. Sebaliknya, kite perlu menghargai keberadaan mereka. Kita perlu menyadari bahwa dalam hidup, kite harus saling membantu dan saling menolong sehingga kite menganggap orang lain itu juga penting.
Selain menghargai diri sendiri, dan orang laen, kita juga perlu menghargai pekerjaan ataupun bisnis yang kita lakukan. Jadi, kita perlu memilih bisnis ataupun pekerjaan yang kita anggap penting dan khusus. Dengan cara pandang seperti ini, kita dapat menambah nilai pekerjaan kita dengan melakukan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati ( ikhlas ) dan penuh perhatian. Kita gak ragu menganggap pekerjaan dan bisnis kita sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kita.
Dalam memberikan pelayanan sepenuh hati, kita perlu senantiasa berusaha menciptakan cara-cara baru yang lebih efektif, lebih efisien, dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita salah satunya dengan senyum, senyum untuk orang lain adalah termasuk amal ibadah. Kita gak akan pernah puas dengan hasil yang kita dapatkan, untuk itu kita akan selalu berusaha mencari cara-cara kreatif untuk mempersembahkan yang lebih baik.
Pekerjaan apapun yang kita tekuni, jika kita memiliki gairah dan pola pikir yang progesif, kita akan mampu menjadikan pekerjaan kita lebih menarik dan gak bikin kita boring atau bosen. Sikap ini bisa kita kembangin kalo kita memiliki pikiran yang terbuka, wawasan yang luas, kemauan belajar tinggi, keberanian menghadapi berbagai karakter orang di warnet dalam hal ini kita kudu bisa pinter berinteraksi, dan gak membatasi diri pada cara-cara memberi pelayanan yang monoton (terus-menerus sama, dari waktu ke waktu). Nilai tambah pelayanan sepenuh hati adalah alasan yang bikin mengapa kita melakukan sesuatu bagi orang lain.
Orang yang menganggap pekerjaannya penting dan bermanfaat akan memiliki motivasi yang tinggi dan antusiasme yang luar biasa untuk mempersembahkan yang terbaik dari pekerjaan dan bisnis yang ditekuni, termasuk memberikan pelayanan prima yang diberikan dengan sepenuh hati.
Jadi...nyook kita mulai memberikan yang terbaik buat diri kita dan orang lain ( user ) dengan hati ikhlas, dengan senyum dan canda bikin user betah dan dateng lagi...dateng lagi.
Rabu, 09 April 2008
:: Pengen Kasih yang terbaik ::
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
perlu kritikan silahkan isi disini ya